Rabu, 19 Oktober 2011

3 Bentuk Bebatuan yang sangat Menajubkan

Alam selalu menawarkan keindahan yang tak ternilai. keindahan alam dari bebatuan ini membuat para peneliti/ilmuan merasa kagum dan penasaran. berikut 3 bentuk bebatuan yang sangat menajubkan :

1.  Batu Emas (Myanmar)

Batu Emas Myanmar sering disebut juga dengan Golden Rock atau Kyaiktiyo Pagoda merupakan peninggalan sejarah dari agama budha. Diatas puncak bebatuan ini terdapat sebuah pagoda kecil  yang berukuran 5,5m atau 18 kaki ditutupi batu granit disisipkan daun emas.   Pagoda tersebut berdiri di ujung batu seperti menentang gravitasi yang akan terjatuh menuruni bukit.Pagoda Kyaiktiyo terletak di bagian utara garis pantai Tenasserim. Batu emas terletak di ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut. Dari kota Yangon sekitar 210 kilometer untuk mencapai situs ini. Untuk mencapai situs suci ini dapat dimulai dari desa Kinpun yang letaknya 16 kilometer dari bawah Gunung Kyaiktiyo dan sekaligus menjadi jarak paling dekat ke Pagoda Kyaiktiyo.

2.  Batu Jamur (Bulgaria)

 

Fenomena yang alam batu jamur yang sangat spesifik ini terdapat dinegara Bulgaria. Di Negara tersebut terdapat batu yang sangat besar tapi menyerupai bentuk jamur. Ada sekitar selusi batu jamur yang ada di Bulgaria yang terbesar dari mereka adalah tiga meter tingginya. Batu-batu jamur tersebut terbentuk akibat erosi air yang berlangsung selama ribuan tahun yang lalu. Sekarang di lokasi tersebut sudah tak terdapat air lagi. Batu-batu kapur yang terkikis oleh erosi itu, kini menjadi fenomena alam yang menarik bagi para pengunjung dan turis.



3.  Batu Lengkungan (US)

Sebuah lengkungan alami atau jembatan alami adalah alam formasi geologi di mana batu lengkungan bentuk, dengan bukaan di bawahnya. Most natural arches form as a narrow ridge, walled by cliffs , become narrower from erosion , with a softer rock stratum under the cliff-forming stratum gradually eroding out until the rock shelters thus formed meet underneath the ridge, thus forming the arch. Kebanyakan bentuk lengkungan alami sebagai punggungan sempit, berdinding oleh tebing , menjadi sempit dari erosi , dengan strata batuan lembut di bawah tebing-membentuk strata secara bertahap mengikis keluar sampai tempat penampungan batu yang terbentuk memenuhi bawah punggungan, sehingga membentuk lengkungan.  Lengkungan alami umumnya bentuk di mana tebing tunduk erosi dari sungai laut, atau pelapukan ( sub-aerial proses); proses "menemukan" kelemahan dalam batuan dan bekerja pada mereka, membuat mereka lebih besar sampai mereka menerobos.

3 Bentuk Bebatuan yang sangat Menajubkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ismo